Annisa Bakhtiar Sibarani dan Salsabil Trias Suradi jadi Duta Sumut Lomba Peneliti Belia Tingkat Nasional 2023

Rudi Chandra
18/10/2023, 10:40 WIB
Last Updated 2023-10-18T03:41:00Z

PANDAN - Annisa Bakhtiar Sibarani (12) siswi kelas VII SMP Swasta Al-Muslimin Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah bersama dengan temannya Salsabil Trias Suradi (13) siswi kelas VIII, menjadi duta Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti Lomba Peneliti Belia Nasional 2023 yang akan dilaksanakan di Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang, 14-15 November 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMP-Almuslimin Pandan, Hj. Siti Nuraisyah, S.Pd., M.M kepada awak media, Selasa (17/10/2023).


Lolosnya Annisa Bakhtiar Sibarani dan Salsabil Trias Suradi mengikuti Lomba Penelitian Belia Nasional 2023, setelah hasil penelitian mereka dalam Ilmu Hayati yang berjudul "Bubuk Teh Daun Sikanduduk (Melastoma Malabathricum L) Penurun Darah Tinggi (Hipertensi)" berhasil meraih Juara II tingkat Provinsi Sumatera Utara.


Menurut Kepala Sekolah, sebanyak 699 riset pada 10 bidang dari Provinsi Aceh, DKI, DIY, Jateng, Jabar, Kalteng, Sumsel, Sulsel, Sumut, dan provinsi lainnya yang tergabung dalam Lomba Peneliti Belia (LPB) Nusantara, telah di-review secara daring oleh juri-juri yang berasal dari kampus-kampus ternama mitra kerja sama Center for Young Scientists. Dari hasil review dewan juri, didapatkan 284 riset (40%) yang dinilai layak untuk melanjutkan ke tingkat Nasional, salah satunya hasil penelitian Annisa Bakhtiar Sibarani dan Salsabil Trias Suradi.


"Yang menyelenggarakan lomba ini adalah Center for Young Scientists (CYS). Bagi peserta yang lolos ke tingkat nasional akan dipersiapkan mengkuti penelitian tingkat Internasional seperti International Conference of Young Scientists (ICYS), Asia-Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) maupun International Conference of Young Social Scientists (ICYSS). Nanti tergantung pesertanya memilih yang mana untuk diikuti," terang Siti Nuraisyah.


Ditanya persiapan apa yang dilakukan terhadap kedua siswa berprestasi itu? Menurut Siti, saat ini sedang dilakukan bimbingan Bahasa Inggris, karena semua makalah dan tanya jawab dalam lomba nanti 100 persen menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu juga, dilakukan pemantapan materi, karena materi yang diperlombakan ini adalah hasil penelitian, sehingga materinya harus benar-benar dikuasi serta manfaatnya.


"Alhamdulillah kedua anak kita ini cukup semangat mengikuti bimbingan. Isyaallah, mereka akan dapat memberikan yang terbaik nantinya. Mohon doa dan dukungan dari para orang tua siswa SMP-Almuslimin Pandan," imbuhnya.


Masih menurut Kepala Sekolah, pada bulan November 2023 nanti, Annisa juga akan mengikuti Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Sumatera Utara, karena Annisa berhasil meraih Juara I di tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah pekan lalu.


Untuk diketahui, Annisa Bakhtiar Sibarani adalah putri sulung dari Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Salsabil Trias Suradi putri dari Budy Suradi.

TrendingMore