Berita

Kapolri dan Panglima TNI Buka Latsitarda Nusantara XLI Tahun 2021

Rudi Chandra
07/04/2021, 14:16 WIB
Last Updated 2021-04-15T11:43:21Z
MEDAN
- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara resmi membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda XLI (Latsitarda) Nusantara di Lantamal I, Rabu (7/4).

Upacara pembukaan Latsitarda Nusantara dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan jajaran pejabat dari TNI-AL, TNI-AU, TNI-AD dan Polri serta para tamu undangan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam amanatnya mengatakan, Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan Taruna Akademi TNI (TNI-AL, TNI-AU dan TNI-AD) dan Taruna Akpol tingkat akhir untuk memenuhi kelulusan Taruna. 

Pelaksanaan Latsitarda Nusantara 2021 ke-41 berlangsung di Sumatera Utara, harapannya kepada Taruna dapat melaksanakan maksud dan tujuan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan selama di pendidikan yang selanjutnya didarmabaktikan di luar Akademik.

"Harapannya, kepada para Taruna dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan kehidupan di masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat merupakan standardisasi nasional pendidikan tinggi yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi, termasuk TNI dan Akpol," pesan Panglima TNI.

Kegiatan Latsitarda Nusantara tahun ini, kata Hadi Tjahjanto, dengan tema Latsitarda Nusantara 2021 turut mensukseskan program pemerintah dalam pencegahan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional di wilayah Sumatera Utara. 

Panglima TNI berpesan, kepada para Taruna dan mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan bekal dalam menyongsong tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Memantapkan kemanggalan TNI dan Polri dengan masyarakat Sumatera Utara. Selain itu, para Taruna mampu menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa pejuang, cinta tanah air serta semangat Integrasi.

"Sebagai Taruna Akmil AAL, AAU dan Akpol serta mahasiswa sebagai generasi muda calon pemimpin masa depan, harus membangun soliditas TNI dan Polri dan masyarakat di Sumatera Utara. Serta membantu Pemda Sumatera Utara dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di msa pandemi Covid-19," pesan Hadi Tjahjanto mengakhiri amanatnya.

Kegiatan Latsitarda Nusantara 2021 ke-41 di Sumatera Utara meliputi wilayah Kabupaten Simalungun, Langkat, Deliserdang, Kota Binjai, Tebingtinggi dan Medan berlangsung dari tanggal 7 sampai 24 April 2021 diikuti 1031 Taruna terdiri dari Taruna Akmil 227 Taruna, AAL 101, AAU 91 dan Akpol 283 dan mahasiswa 100 serta 229 tenaga pendukung dari pengasuh, pelatih dan dosen pembimbing.