Berita

Kapolda Sumut, Pangdam I/BB dan Gubsu Pantau PPKM Mikro

Rudi Chandra
30/03/2021, 19:55 WIB
Last Updated 2021-04-03T17:54:10Z

MEDAN
- Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memantau penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro dengan menyambagi sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Selasa (30/3) pagi. 

Berangkat dari Makodim 0201/BS di Jalan Kejaksaan, Kapolda Sumut bersama Pagdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution, langsung menuju Pasar Petisah. 

Setibanya di Pasar Petisah, Kapolda Sumut bersama rombongan membagi-bagikan masker, handsanitizer sekaligus memberikan himbauk penggynaan masker kepada seluruh pedagang serta pengunjung. 

"Namboru (ibu-red) tolong pakai maskernya. Ini maskernya," ucap Kapolda Sumut kepada pedagang yang terlihat masih tidak memakai masker. 

Selanjutnya usai membagikan masker di Pasar Petisah, Kapolda Sumut dan rombongan kemudian menyambangi Pasar Sukaramai. Di sana, orang nomor satu di jajaran Polda Sumut itu pun kembali membagikan masker serta handsanitizer kepada pedagang serta pengunjung pasar. 

"Tolong bapak dan ibu agar memakai maskernya biar tidak tertular penyebaran Covid-19," kata Irjen Pol Panca.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, usai membagikan masker dan handsaniter itu mengatakan kedatangannya bersama Kapolda Sumut, Pangdam I/BB dan Wali Kota Medan sekaligus memantau penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional, ini adalah inisiasi Kapolda untuk terus disiplin dalam pencegahan covid 19.

Menurutnya, pasar tradisional rentan dalam peningkatan penyebaran Covid-19 di Kota Medan. "Oleh karena itu kami dari Forkopimda Sumut melaksanakan pembagian masker dan handsanitizer di pasar-pasar tradisional agar penerapan protokol kesehatan berjalan maksimal, terlebih kita saat sedang menerapkan PPKM Mikro" katanya. 

Untuk saat ini, Edy mengungkapkan jumlah yang terpapar Covid-19 di Sumatera Utara sebanyak 27.000 orang dan meninggal dunia lebih kurang berjumlah 1.000 orang.

"Melihat masih tingginya angkat penularan Covid-19 di Sumut maka kita terus bergerak menyampaikan imbauan agar masyarakat saat melaksanakan aktifitas di luar tetap selalu mematuhi protokol kesehata. Seperti memakai masker, jaga jarak, serta menggunakan handsanitizer, yang tidak ada kepentingan medesak agar tinggal di rumah saja" ungkapnya. 

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menambahkan penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional telah berjalan dengan baik. 

"Kita lihat tadi para pedagang dan pengunjung yang berbelanja di Pasar Petisah dan pasar sukarame ini telah mematuhi aturan protokol kesehatan. Kita akan terus bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah untuk terus memantau penerapan PPKM Mikro agar masyarakat tetap disiplin mematuhi aturan prokes," pungkasnya.